6 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Anda Ketahui

Rambut rontok tidak hanya menganggu penampilan, tetapi juga mampu menciptakan kegalauan bagi siapa pun yang mengalaminya. Apalagi jika kerontokan rambut telah mencapai derajat yang parah. Faktanya, sebagai hal yang sungguh merisaukan, rambut rontok justru dialami hampir semua orang, hanya kadarnya yang tidak sama.

Penyebab kerontokan rambut bermacam-macam. Berikut adalah 6 penyebab rambut rontok yang wajib Anda ketahui.

1. Rambut kekurangan nutrisi

Asupan nutrisi sangat menentukan kualitas kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut. Jadi, untuk memiliki rambut yang sehat, Anda harus memastikan bahwa kebutuhan gizi Anda telah tercukupi oleh makanan yang Anda konsumsi, terutama zar-zat gizi yang berhubungan langsung dengan kesehatan rambut.

Vitamin A, B, C, dan E, sangat diperlukan rambut. Kekurangan vitamin A akan membuat rambut kering dan mudah rontok. Vitamin B6 berperan sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu memperkuat rambut. Sedangkan, vitamin E melancarkan sirkulasi darah ke kepala.

Untuk mencegah atau mengurangi kerontokan rambut, makanan-makanan yang mengandung gizi yang seimbang, terutama yang mengandung  vitamin A, B, C, E, protein, dan mineral wajib Anda konsumsi dalam menu harian Anda.
Rambut rontok yang TIDAK disebabkan oleh keturunan (Androgenic Alopecia), dapat dengan mudah ditumbuhkan kembali dengan “ROGAINE”

2. Kurang perawatan

Jagalah selalu kebersihan rambut dan kulit kepada Anda dengan mencucinya secara teratur, menggunkan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Jangan  membiarkan kotoran menumpuk di kulit kepala, yang pada akhirnya dapat membuat rambut menjadi rusak dan rontok. Di samping itu, hindari terlalu sering mengeriting, mencatok, atau mengeringkan rambut dengan hair dryer. Jika terlalu sering dilakukan, hal-hal tersebut dapat merusak sambut.

3. Kehamilan

Perubahan hormonal pada saat hamil dapat menyebabkan wanita mengalami rambut rontok selama masa kehamilan. Dengan perawatan yang benar dan asupan gizi yang cukup, pasca melahirkan masalah rambut rontok akan teratasi dengan sendirinya.

4. Stres

Stres dapat menjadi penyebab munculnya berbagai gangguan kesehatan, termasuk menyebabkan rambut rontok. Jika stres yang menyebabkan rambut Anda rontok,  Anda harus berusaha sekuat tenaga menghalau stres jauh-jauh dari batin Anda. Hingga kerontokan rambut tidak terus berlanjut.

5. Keturunan (genetik)

Banyak orang mewarisi masalah rambut rontok dari pendahulu mereka dalam keluarga. Meski cukup sulit untuk dihindari, masih ada ikhtiar yang dapat Anda upayakan. Merawat rambut secara benar dan menghindari berbagai hal yang dapat merusak kesehatan rambut, dapat membuat kerontokan rambut tidak datang terlalu cepat atau terlalu parah.

6. Sakit dan obat-obatan

Sakit, seperti tifus, konsumsi obat-obatan tertentu, atau kemoterapi, dapat menyebabkan rambut rontok. Anda memang harus bersabar jika ini yang terjadi. Sakit atau konsumsi obat-obatan tertentu tersebut harus berlalu lebih dahulu, baru rambut rontok dapat diatasi secara berangsur-angsur.

Sumber : mengatasirambutrontok.net

Leave a Reply